Sabtu, 13 Maret 2010

Video Card

Video card, lebih sering disebut sebagai VGA (Video Graphic Accelerator) card atau kartu grafis adalah hardware yang berfungsi untuk memberikan keluaran berupa image ke monitor. Beberapa tahun yang lalu sebagian besar pengguna komputer mungkin masih menggunakan video card berjenis AGP, namun saat ini video card jenis AGP ini sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke video card berjenis PCI-Express.

Bagi para gamer atau pecinta design grafis, video card tentu menjadi salah satu prioritas utama yang perlu di-upgrade. Namun, apakah video card terbaru dengan kemampuan yang mumpuni selalu mampu membuat game-game di komputer berjalan lebih cepat..? Kenyataannya tidak selalu demikian, karena kecepatan dalam memainkan game, aplikasi grafis maupun aplikasi lainnya tidak hanya dipengaruhi oleh video card tetapi juga sangat dipengaruhi oleh komponen lain seperti prosesor, mainboard, dan RAM. Jika prosesor dan RAM yang digunakan masih terbatas, kemampuan video card high-end yang powerful sekalipun akan ikut terbatasi. Perhatikan pula mainboard yang digunakan apabila Anda hendak meng-upgrade video card berjenis AGP ke PCI-Express.

Jadi sebelum Anda memutuskan untuk meng-upgrade video card, perhatikan dulu kemampuan dan kompatibilitas komponen yang lain, termasuk seberapa besar resolusi maksimal yang didukung oleh monitor Anda.

0 komentar: