Senin, 15 Maret 2010

Jaringan Nirkabel

Jaringan Nirkabel atau sering disebut wireless adalah jaringan yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik, sehingga tidak perlu lagi menggunakan media kabel. Saat ini jaringan nirkabel lebih banyak dipilih karena kemudahan dan fleksibilitasnya. Perangkat jaringan nirkabel ini sering disebut dengan Wi-Fi (Wireless Fidelity) yang mempunyai beberapa standar, diantaranya yang banyak dipakai saat ini adalah 802.11b dan 802.11g. Perbedaan mencolok dari kedua tipe ini adalah pada kecepatan transfer data, dimana 802.11b mempunyai kecepatan yang relatif rendah dibanding 802.11g. Namun perangkat wifi yang ada saat ini pada umumnya dapat bekerja pada dua standar tersebut di atas sekaligus, biasanya perangkat seperti ini sering dinyatakan dengan 802.11b/g. Perangkat wifi yang paling fundamental adalah access point dan wifi adapter.

Access point berfungsi seperti hub/switch pada jaringan kabel, yaitu sebagai penghubung antara server dengan semua klien yang terhubung dengan jaringan WLAN. Access point inilah yang memancarkan gelombang, dan area yang dilingkupi oleh sinyal gelombang dari access point ini sering disebut sebagai area hotspot.

Sedangkan wifi adapter adalah media untuk menangkap sinyal yang dipancarkan access point. Wifi adapter bisa langsung dipasang pada PC atau Laptop, dimana interface wifi adapter ini pada umumnya berupa card yang dipasang pada slot PCI atau adapter dengan interface USB (Universal Serial Bus).

0 komentar: