Sabtu, 13 Maret 2010

Sistem Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah hubungan komputer satu dengan lainnya dengan menggunakan media, arsitektur serta perangkat pendukung lainnya, sehingga antar komputer dapat saling berkomunikasi dan berbagi pakai (sharing) berbagai peralatan komputer lainnya seperti printer, modem dan lainnya.

Ada dua tipe jaringan yaitu peer to peer dan client server. Peer to peer yaitu hubungan komputer dimana setiap komputer mempunyai hak yang sama, sedangkan client server yaitu hubungan antar komputer melalui media server dimana server berfungsi mengatur hak akses komputer-komputer lainnya.

Untuk membangun sebuah sistem jaringan komputer diperlukan peripheral sesuai media yang dikehendaki, apakah media kabel atau media nirkabel (wireless). Untuk media kabel, digunakan kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) sebagai media penghubung antar komputer. Kabel UTP ini terdiri dari 8 serat yang berbeda warna seperti terlihat pada gambar di samping. Warna kedelapan serat tersebut adalah 1. Putih-Oranye, 2. Oranye, 3. Putih-Hijau, 4. Biru, 5. Putih-Biru, 6. Hijau, 7. Putih-Coklat, 8. Coklat

Kemudian, untuk dapat mengkoneksikan kabel ke kartu jaringan, ujung kabel harus dipasang RJ45 menggunakan alat yang biasa disebut crimping tool, seperti terlihat pada gambar berikut.

0 komentar: