Rabu, 10 Maret 2010

Mainboard

Mainboard atau sering juga disebut motherboard merupakan inti dari sebuah sistem komputer, karena semua perangkat keras (hardware) penyusun sebuah komputer akan terhubung dengannya. Secara umum bentuk fisik sebuah mainboard terlihat pada gambar di samping.

Meskipun bentuk fisik setiap mainboard hampir sama namun sebenarnya masing-masing mainboard mempunyai fitur dan performa yang berbeda-beda. Beberapa hal yang menunjukkan persamaan maupun perbedaan tersebut antara lain adalah : Soket Dudukan Prosesor, Slot Memori RAM, Slot VGA Card, Chip BIOS, Konektor Back Panel dan lain-lain.

Soket Dudukan Prosesor menunjukkan bahwa sebuah mainboard diciptakan khusus untuk prosesor tertentu, misalnya Intel soket 478, Intel LGA 775, AMD soket A, atau AMD soket AM2. Keempat prosesor yang disebut diatas memerlukan mainboard dengan 'soket dudukan prosesor' yang berbeda pula.

Dalam sebuah mainboard terdapat bagian-bagian yang perlu diketahui apabila kita hendak merakit sebuah komputer, diantara sekian banyak bagian tersebut ada beberapa yang memegang peranan penting antara lain :

1. Soket Dudukan Prosesor
Pastikan bahwa mainboard yang kita beli support dengan prosesor yang kita inginkan. Contoh soket dudukan prosesor terlihat pada gambar di bawah ini.




2. Slot Memori RAM
Karena jenis dan tipe RAM yang berbeda-beda, perhatikan pula tipe slot memori RAM yang ada pada mainboard. Contoh gambarnya adalah sebagai berikut.




3. Port Paralel/Serial ATA
Ini berfungsi untuk menghubungkan Hard Disk atau CD/DVD Drive dengan mainboard. Paralel dan Serial adalah jenis interface dari hard disk ato cd/dvd drive tersebut. Contoh masing-masing port terlihat pada gambar berikut.

Port Paralel


Port Serial

0 komentar: